MENJAGA KEPADATAN TULANG

Thursday, 24 May 2018

Tulang yang rapuh beresiko lebih tinggi terjadi patah tulang saat terjatuh dibandingkan tulang yang padat/kuat. Kerapuhan tulang umumnya terjadi pada usia lanjut, wanita yang sudah menopause. Namun bisa juga terjadi pada orang yang lebih muda, bahkan anak-anak dikarenakan penyakit tertentu.

Tulang terdiri dari berbagai macam mineral, terutama kalsium. Lebih dari 99% kalsium dalam tubuh tersimpan pada tulang. Massa tulang paling padat (Peak Bone Mass) terjadi pada usia 16 – 25 tahun. Setelah puncaknya, setiap tahunnya massa tulang tubuh kita akan berkurang 0.3 - 0.5% . Hal ini terjadi karena jumlah kalsium yang dilepas dari tulang lebih banyak daripada jumlah kalsium yang ditimbun pada tulang. Pada Wanita menopause, massa tulang yang hilang akan lebih banyak dikarenakan berkurangnya hormon estrogen pada wanita tersebut.

Setiap orang dapat mengalami kerapuhan tulang seiring bertambahnya usia, osteoporosis (senile osteoporosis). Hal ini dapat kita cegah atau kita tunda dengan cara:

1. Berolah raga secara teratur sejak dini

Setiap hentakan kaki akan merangsang pembentukan kepadatan tulang. Orang yang kurang jalan atau olahraga dikarenakan sakit, sehingga harus berbaring saja di ranjang, akan mengalami kerapuhan tulang lebih awal meskipun di usia muda.

2. Terpapar sinar matahari yang cukup setiap hari

Sinar matahari membantu mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh yang digunakan dalam metabolisme tulang.

3. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin

Jumlah kebutuhan kalsium pada anak-anak 600 mg/hari, dewasa muda (10-25th) 1300 mg/hari, dewasa 750 mg /hari, wanita hamil 1500 mg /hari, wanita menyusui 2000 mg /hari, wanita menopause 1500 mg /hari.

4. Hindari asap rokok dan penggunaan obat – obatan yang mengandung steroid.

 

 

 

 

dr. Nico Raga, Sp. OT

Dokter Spesialis Orthopedi Rumah Sakit Cinta Kasih (RSCK) Tzu Chi Cengkareng

 

 

Image : Dreamstime.com

Sumber : http://www.tzuchi.or.id/buletin_tzuchi/746BULETIN-

Telp. 021-55963680 | IGD. 021-55963600 | info@rscktzuchi.co.id

Hak Cipta©RS Cinta Kasih Tzu Chi 2015

Back to top