Setetes Darah Menyelamatkan Kehidupan

Friday, 26 November 2021

 

Dalam rangka perayaan HUT RSCK Tzu Chi ke-14 diadakan kegiatan donor darah untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI.
 

Dalam rangka perayaan HUT Rumah Sakit Cinta Kasih (RSCK) Tzu Chi ke-14, RSCK Tzu Chi bekerja sama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta mengadakan aksi donor darah yang dilaksanakan di Aula TK Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi pada Sabtu, 30 Oktober 2021.
 
Tujuan dari kegiatan ini untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI yang mulai menipis sehingga stok darah untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan transfusi darah terus bertambah.
 
 

Sebelum mengikuti kegiatan donor darah, para peserta diwajibkan melakukan screening kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan ketat terkait Covid-19.
 

Dengan tema kegiatan donor darah “Berkarya dan Berwelas Asih Menyelamatkan Kehidupan”, kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat terkait Covid-19. Langkah yang dilakukan bagi para peserta yang akan mengikuti kegiatan donor darah wajib melakukan pengecekan suhu tubuh, pemberian handsanitizer, menerapkan jaga jarak, dan mewajibkan pakai masker sehingga seluruh peserta kegiatan merasa nyaman dan terlindungi.
 
Sebelum mendonorkan darahnya calon pendonor harus melewati beberapa tahap seperti screening kesehatan seperti pemeriksaan nilai HB (Hemoglobin), tekanan darah, dan pengisian formulir self assesment, Dalam kegiatan donor darah ini, sebanyak 96 orang yang terdaftar sebagai calon pendonor dengan rincian 75 orang berhasil lolos screening dan 21 orang tidak lolos screening.
 
 

Bukan hanya masyarakat, para staf dan karyawan RSCK Tzu Chi juga ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya dalam kegiatan ini.
 

“Semoga kegiatan donor darah seperti ini bisa rutin dilakuakan dan di-broadcast lebih luas supaya lebih banyak lagi pendonor yang datang dan Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi,” ungkap Julian, salah satu peserta donor darah.
 
Panitia kegiatan donor darah dalam rangka HUT RSCK Tzu Chi juga merasa senang karena banyak yang antusias untuk mengikuti kegiatan. “Semoga pandemi ini cepat berakhir dan masyarakat tidak perlu merasa takut untuk ikut berpartipasi dalam kegiatan donor darah, sehingga kebutuhan darah untuk membantu sesama dapat terpenuhi,” jelas dr. Maria Stephanie, panitia HUT RSCK Tzu Chi.
 
 
Jurnalis     : Aditia Saputra (RS Cinta Kasih Tzu Chi)
Fotografer  : Aditia Saputra (RS Cinta Kasih Tzu Chi)
Editor        : Arimami Suryo A.
Sumber    : https://www.tzuchi.or.id/
Sumber : https://www.tzuchi.or.id/