MENGENAL LEBIH JAUH APENDISITIS

Wednesday, 30 May 2018

Pengertian Apendisitis

Apendisitis adalah peradangan akibat infeksi pada usus buntu atau umbai cacing (apendiks). Infeksi ini bisa mengakibatkan pernanahan. Bila infeksi bertambah parah, usus buntu itu bisa pecah. Usus buntu merupakan saluran usus yang ujungnya buntu dan menonjol dari bagian awal usus besar atau sekum (cecum). Usus buntu besarnya sekitar kelingking tangan dan terletak di perut kanan bawah. Strukturnya seperti bagian usus lainnya.
Dalam kasus ringan dapat sembuh tanpa perawatan, tetapi banyak kasus memerlukan laparotomi dengan penyingkiran umbai cacing yang terinfeksi. Bila tidak terawat, angka kematian cukup tinggi, dikarenakan oleh peritonitis dan syok ketika umbai cacing yang terinfeksi hancur. (Anonim, Apendisitis, 2007)

Gejala Apendisiti

Apendisitis memiliki gejala kombinasi yang khas, yang terdiri dari : mual, muntah dan nyeri yang hebat di perut kanan bagian bawah. Nyeri bisa secara mendadak dimulai di perut sebelah atas atau di sekitar pusar, lalu timbul mual dan muntah. Setelah beberapa jam, rasa mual hilang dan nyeri berpindah ke perut kanan bagian bawah. Jika dokter menekan daerah ini, penderita merasakan nyeri tumpul dan jika penekanan ini dilepaskan, nyeri bisa bertambah tajam. Demam bisa mencapai 37,8-38,8° Celsius.

Tanda dan gejala Apendisitis

- Mual muntah / perut terasa tidak nyaman

- Berawal nyeri disekitar pusar berpindah ke kanan bawah

- Kadang demam / panas badan meningkat

- Bisa disertai diare / sakit pada saat kencing

 

Pencegahan

1. Mengkonsumsi makanan berserat

2. Jangan menahan buang air besar

3. Banyak minum air putih

Sumber : rsck

Telp. 021-55963680 | IGD. 021-55963600 | info@rscktzuchi.co.id

Hak Cipta©RS Cinta Kasih Tzu Chi 2015

Back to top