Endoskopi THT


Endoskopi Hidung

Apakah Itu Endoskopi Hidung?

Endoskopi hidung adalah prosedur pemeriksaan menggunakan alat yang memungkinkan spesialis telinga-hidung-tenggorok (THT) untuk melihat rongga hidung dan saluran sinus. Alat ini berbentuk seperti tabung mini dengan diameter kurang dari 4 mm, dilengkapi dengan kabel fiberoptik di dalamnya yang memancarkan cahaya. Tabung tersebut bersifat lentur sehingga bisa menyusuri rongga hidung dengan mudah. Ukuran dan sifatnya yang lentur meminimalkan rasa tidak nyaman yang dirasakan pasien ketika alat ini dimasukkan ke rongga hidung. Di ujung alat ini, ada kamera. Alat ini dapat dihubungkan dengan monitor untuk menampilkan gambaran rongga hidung maupun struktur lainnya dengan sangat jelas.

Bagaimana Prosedur Endoskopi Hidung?

Prosedur endoskopi hidung umumnya dilakukan oleh seorang dokter spesialis THT di poliklinik (rawat jalan). Prosedur ini dilakukan dengan pasien dalam posisi duduk. Bila dibutuhkan untuk meminimalkan rasa tidak nyaman pasien, dokter dapat menyemprotkan atau meneteskan obat bius lokal di hidung sebelum memulai prosedur. Setelah menyiapkan alat, dokter akan mulai memasukkan alat endoskopi hidung secara perlahan sembari mengevaluasi struktur hidung dan sinus. Setelah selesai, dokter akan menarik alat secara perlahan.

Siapa yang Memerlukan Endoskopi Hidung?

Anda mungkin memerlukan pemeriksaan menggunakan endoskopi hidung jika mengalami:

  • Hidung sering tersumbat atau terasa penuh
  • Sinusitis (radang pada saluran sinus, ditandai dengan sering timbulnya nyeri pada daerah wajah)
  • Polip hidung (pertumbuhan selaput lendir rongga hidung yang berlebihan)
  • Tumor hidung (benjolan abnormal pada rongga hidung)
  • Mimisan

Apa yang Harus Saya Persiapkan Sebelum Endoskopi Hidung?

Secara umum, tidak ada persiapan khusus yang harus Anda lakukan sebelum menjalani endoskopi hidung. Namun, bila Anda mengonsumsi obat-obatan pengencer darah, beri tahu dokter Anda terlebih dahulu.

Telp. 021-55963680 | IGD. 021-55963600 | info@rscktzuchi.co.id

Hak Cipta©RS Cinta Kasih Tzu Chi 2015

Back to top